Sunday, January 24, 2016

SCP-Introducing

SCP Foundation – pernah mendengarnya? Atau mungkin anda pernah mencari tahu soal keberadaan organisasi ini? Ya benar, SCP adalah sebuah organisasi yang keberadaannya sekarang masih dipertanyakan, apakah organisasi ini memang benar-benar ada atau hanya sebuah keisengan belaka. Dalam artikel ini saya akan menuliskan secara mendalam mengenai organisasi misterius ini.
SCP adalah sebuah organisasi yang bertugas untuk melakukan penanganan terhadap benda-benda dan makhluk-makhluk yang memiliki anomali tertentu dan dianggap dapat mengancam normalitas dunia kita. Mereka konon didanai oleh negara-negara di seluruh dunia secara rahasia. Nama SCP sendiri merupakan singkatan dari Secure, Contain, dan Protect, yang juga merupakan slogan utama dari organisasi ini. Arti dari slogan ini adalah sebagai berikut.
  1. Secure – sesuai artinya mengamankan, maksudnya pihak SCP berhak untuk mengamankan setiap benda atau makhluk yang telah mereka simpan dari media-media tertentu yang dapat mengancam keberadaan mereka.
  2. Contain – artinya mengandung atau lebih tepatnya menyimpan, maksudnya pihak SCP berhak untuk menyimpan dan mengkarantina setiap benda atau makhluk tersebut sehingga mereka tidak akan mengancam kelangsungan hidup manusia dan dunia kita.
  3. Protect – sesuai artinya melindungi, maksudnya pihak SCP berhak untuk melindungi setiap objek yang sudah dikarantina dari ancaman-ancaman tertentu termasuk manusia, sehingga manusia tidak dapat menggunakannya untuk kepentingan mereka sendiri.
Setiap objek-objek di SCP selalu diberikan kelas berdasarkan pengaruh dan sikap mereka terhadap keberadaan manusia. Ada yang bersifat aman hingga yang paling berbahaya. Kelas-kelas yang dimaksud adalah sebagai berikut.
  1. Safe – merupakan prosedur SCP atau objek karantina SCP yang aman dan tidak berbahaya, kalaupun berpengaruh bagi manusia biasanya pengaruhnya tidak berdampak signifikan dan bersifat sementara. Kebanyakan prosedur yang termasuk kategori Safe adalah benda-benda.
  2. Euclid – merupakan prosedur SCP atau objek karantina SCP yang sudah dicampurkan dengan komponen mesin, zat-zat kimia berbahaya, dan bahan-bahan lainnya. SCP kelas Euclid ada yang memiliki sifat berbahaya dan ada juga yang tidak berbahaya, terkadang SCP kelas ini juga memiliki perilaku yang sulit ditebak dan kesadaran yang bersifat tidak terduga oleh manusia.
  3. Keter – merupakan prosedur SCP atau objek karantina SCP yang memiliki bentuk aktivitas permusuhan pada manusia yang paling aktif, mereka juga membenci manusia dan terkadang mencoba menghancurkan manusia dengan berbagai macam cara. Intinya SCP kelas Keter adalah objek SCP yang paling berbahaya dan juga ganas, mereka juga membutuhkan sistem karantina yang sangat kompleks melebihi SCP kelas Safe dan Euclid.
Awal Mula Cerita Tentang SCP Foundation.
SCP Foundation pertama kali disebutkan di dalam media horor internet bernama Creepypasta. Creepypasta merupakan sebuah situs internet yang mengumpulkan beragam cerita atau artikel horor dari seluruh dunia. Cerita atau artikel yang ditulis dalam Creepypasta ada yang memang berdasarkan pada kisah nyata, tapi ada pula yang hanya sekedar urban legend atau cerita belaka saja. Pada tahun 2007 Creepypasta menuliskan di dalam situs mereka mengenai salah satu dari benda yang disimpan oleh SCP. Benda tersebut diberikan kode “SCP-173” alias “The Sculpture”, sebuah patung yang terbuat dari beton dan rebar (rangka besi dalam beton) yang memiliki kecepatan bergerak yang sangat tinggi apabila patung tersebut tidak dilihat secara langsung atau seseorang yang melihatnya mengedipkan mata. SCP-173 tidak dapat bergerak apabila dilihat secara langsung, dan garis pandang terhadap SCP-173 tidak boleh teralihkan di saat apapun. SCP-173 dapat membunuh dengan cara mencekik atau mematahkan dasar tulang tengkorak korbannya.

No comments:

Post a Comment